Translate

Wednesday, June 20, 2012

Sejarah Sepeda Gunung (3)

Siapa tak kenal sepeda gunung merek FEDERAL? merek yang identik dengan jenis sepeda gunung, populer di tahun 90an, dan ternyata bikinan ‘Anak Negeri’ lho. Masih inget banget, ketika itu sepeda MTB Federal begitu menjadi primadona, saat saya kira-kira kelas 3 Sekolah Dasar. Harga sepeda 26 inch MTB Federal kala itu berkisar di harga 200ribuan.

SEPEDA FEDERAL DAN KOMUNITAS FEDERAL INDONESIA

Sepeda Federal di produksi di Indonesia oleh PT. Federal cycle Mustika, sebuah anak usaha Astra Group. Saking populernya orang biasa menyebut sepeda jenis MTB adalah sepeda Federal. Pangsa pasar sepeda federal sempat menembus benua eropa dan cukup digemari di sana. Hal ini sempat menjadi kekhawatiran produsen sepeda dunia, khususnya pabrikan sepeda yang berbasis di Taiwan.

Sampai akhirnya, Sepeda Federal berakhir masa jayanya akibat tuduhan dumping oleh Masyarakat Ekonomi Eropa (ME) yang memaksakan PT. Federal Cycle Mustika untuk menghentikan produksinya dan menutup usahanya. Tragis ya?

Meski sudah tidak diproduksi lagi, namun, beberapa pemilik Federal kembali memopulerkan sepeda ini, melalui sebuah komunitas dimana anggotanya dijuluki sebagai Federalist. Komunitas ini dimulai 16 Januari 2009, saat Bagas Triaji, pemuda asal Kota Yogyakarta, mengunggah foto sepeda MTB Federal miliknya dan mendapatkan respons yang cukup banyak. Itulah titik awal terbentuknya Komunitas Federal Indonesia.

Unggahan di situs jejaring sosial itu yang akhirnya menggugah Endra Ginanjar (46), yang berprofesi sebagai karyawan sebuah bank, untuk memulai komunitas Federal Indonesia di Bandung. Bermula dari sepeda yang telah lama menganggur di gudang rumahnya, ia menggunakan situs jejaring sosial untuk menyebarkannya.

Ia bahkan mencegat pengguna Federal yang kebetulan bertemu di jalan. Cara itu cukup efektif untuk menjaring pengguna dari kalangan yang belum akrab dengan internet. Sejak setahun lalu, ia bersama Moh Yusuf, seorang kamerawan televisi, menjaring pengguna Federal yang sebelumnya banyak yang sungkan untuk berkumpul.

Banyak pengguna Federal merasa sepedanya sudah tidak up-to-date lagi. Ini yang menjadi perjuangan Endra untuk meruntuhkan kesungkanan pengguna Federal dan mencoba mengedepankan sejarah sepeda ini. Selain sejarah sebagai sepeda gunung pertama buatan Indonesia, tetapi juga sejarah yang lebih personal si pemiliknya. Tak sedikit mereka yang mendapatkan sepeda ini dari hadiah khitanan, ulang tahun, kenaikan kelas, atau kelulusan sekolah.

Ketangguhan sepeda federal, Selain sejarahnya, kualitas sepeda Federal yang cukup baik diakui oleh mekanik-mekanik sepeda. Kualitas bahan yang baik menyebabkan sepeda Federal yang telah berumur belasan tahun tetap dalam kondisi baik.


Info Hot Bulan Ini