Translate

Wednesday, June 20, 2012

Sepeda Gunung (Sepeda MTB)

Sepeda MTB atau yang biasa disebut sepeda gunung, jangan di samakan dengan sepeda biasa pada umumnya. Tidak seperti sepeda santai (city bike), sepeda balap (road bike), dan tidak seperti sepeda mini. Sepeda MTB memiliki lebih banyak keunggulan dibanding sepeda sepeda lainnya. Sepeda MTB cenderung jauh lebih kokoh, teknologi canggih selalu melekat di sepeda ini. Karena medan yang ditempuh juga sangat berat dan xtrem. Untuk itu MTB membutuhkan body yang kuat dan ringan serta dukungan suku cadang/komponen (groupset) yang canggih agar dapat membantu kemudahan dalam menelusuri medan berat. Tidak heran jika harganya juga gila gilaan mahal.

 

Ada beberapa jenis sepeda MTB, berikut ini klasifikasinya :

Cross Country : kalau dulu sepeda cross country ini bentuk framenya cenderung hard tail tetapi saat ini berkat perkembangan teknology yang canggih, akhirnya tercipta cross country yang menerapkan sistem suspensi pada framenya. Tetapi kemampuan dan keunggulan dari hard tail  atau full suspensi tergantung pula pada teknik dan tenaga anda.
        
             
Free Ride : Framenya cenderung hardtail dan berbentuk sloping sepeda ini diciptakan untuk melakukan atraksi, biasanya digunakan pada medan aspal atau di trek buatan (seperti trek motor cross)yang memiliki banyak tanjakan untuk melakukan salto.   
 
Downhill : Untuk yang satu ini dibutuhkan sepeda yang benar benar kuat dan juga rem yang pakem. Medan yang diambil biasanya turunan bukit yang terjal dan berbahaya. Oleh karena itu dibutuhkan frame yang full suspensi dan forks suspensi yang travelnya tinggi. Selain itu juga dibutuhkan pedal besar dan rem cakram yang diameternya besar pula agar pakem.


Garis besar bagian bagian sepeda MTB :

1. Frame = batangan

2. Seatpost = tiang sadel

3. Saddle = sadel

4. Handlebar = setang/stir

5. H-Stem = leher stir

6. Bottom bracket = as tengah pedal

7. Wheel = rodai

8. Fork = garpu

9. Pedals = pedal

10. Groupset = suku cadang/komponen

 

Info Hot Bulan Ini